Pemkot Batu Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Pemkot Batu Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah

BATU – Pemkot Batu menggelar upacara Hari Otonomi Daerah serta Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 bertempat di Halaman Timur Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (25/4/2019). Diikuti oleh Forkompinda Kota Batu, ASN Kota Batu, BPBD, PMI, LSM terkait serta para pelajar.

Upacara Hari Otonomi Daerah ke XXIII mengusung tema Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif. Sedangkan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 mengusung tema “Kesiapsiagaan dimulai dari Diri, Keluarga dan Komunitas.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Dewanti Rumpoko memimpin upacara serta membacakan amanat Menteri Dalam Negeri. Beliau menyampaikan bahwa tema tersebut merupakan refleksi harapan masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Dewanti Rumpoko juga menyampaikan agar seluruh masyarakat ikut mengawal otonomi daerah untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Beliau juga menghimbau agar masyarakat dan ASN ikut mendorong kreativitas dan inovasi daerah untuk mengoptimalkan potensi sumberdaya yang ada. Serta meningkatkan keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah serta dengan DPRD dan masyarakat.

Selain itu, Dewanti Rumpoko juga menyampaikan bahwa kesiapsiagaan dimulai dari diri, keluarga dan komunitas serta menekankan bahwa wanita merupakan motor kesiapsiagaan bencana dalam keluarga.

Beliau juga menghimbau agar mengkoordinasikan anggaran untuk latihan kesiapsiagaan simulasi mandiri setidaknya 1 x setahun dan membentuk tim kesiapsiagaan bencana untuk setiap OPD.
Acara diakhiri dengan simulasi kesiapsiagaan bencana kerjasama BPBD dengan LSM terkait.

Sumber : Pemerintah Kota Batu